Persiapan diri sebelum Umroh dan Haji sangatlah penting

Persiapan diri sebelum Umroh dan Haji sangatlah penting

Persiapan diri sebelum Umroh dan Haji sangatlah penting

Persiapan diri sebelum Umroh dan Haji sangatlah penting, apalagi jika kita ingin Ibadah kita, menjadi Haji Mabrur dan Umroh Makbul. Tidak ada balasan Haji Mabrur dan Umroh Makbul melainkan Surganya Allah SWT. Dari Abu Hurairah R.A. Ia berkata bahwa Rosullulah SAW bersabda, “Tidak ada pahala bagi Haji yang mabrur kecuali “Surga”.

Astagfirullahaladzim..”Aku mohon ampun kepadamu Ya Allah”, hanya kata ini, yang dapat saya katakan karena kurangnya Ilmu pada diri ini, saat menjalankan Ibadah Umrah dan Haji….Ya Allah panggilah kami kembali kerumahmu Ya Allah.

Hati ini berkata,.. tidak ingin ada teman, saudara atau siapa pun yang mengalami seperti pengalaman saya ini, yaiut kurangnya ilmu dan persiapan diri dalam ibadah, untuk itu tulisan ini dibuat supaya tidak ada orang lagi yang mengalami seperti saya ini, sehingga InsyaAllah Ibadah Umroh kita Makbul dan Haji kita Mabrur Amin Ya Rabbal Alamin.

Persiapan kan lah diri kita sebelum berangkat, yaitu dengan melakukan :

  • Usahakan Sholat wajib tepat waktu dan usahakan selalu Sholat sunnah rawatib dan baca AlQuran setiap hari.
  • Sholat toubat kalau mungkin tiap hari, bertaubat dari segala dosa dan maksiat serta hal-hal yang dimakruhkan oleh Agama.
  • Kuatkan niat untuk Ibadah semata-mata karena Allah.
  • Meminta maaf dan doa restu dari orang-orang yang dihormati atau dicintai, seperti kedua orang tua, Nenek, Kakek, Istri, Suami, Kakak, Adik dan anak – anak.
  • Ingat, semua biaya yang digunakan maupun untuk membeli bekal harus bersumber dari uang yang halal dan bersih kalau ada uang syubhat (ketidak jelasan halal-haramnya) lebih baik sumbangkan buat perbaikan jalan.
  • Menjaga kebersihan hati dari hasrat ingin dipandang terhormat oleh orang lain dan sombong.
  • Mengembalikan barang-barang titipan atau pinjaman apabila kita pernah dititipin atau meminjam segera kembalikan dan ingat-ingat siapa tahu lupa.
  • Apabila pemiliknya pindah dan kita tidak tau niatkan suatu saat nanti akan dikembalikan.
  • Melunasi tanggungan hutang, apabila ikut arisan selesaikan bayar dimuka,  jangan sampai teman nalangin.
  • Kalau hutang jangka panjang, kita perlu menunjuk seseorang yang kita percaya untuk dilimpahi wewenang dalam melunasi utang-utang tersebut. Kalau bisa usahakan tidak punya hutang sama sekali apalagi dengan Bank hindari riba.
  • Meminta maaf dan kerelaan hati siapa pun pada orang tua, saudara, teman, tetangga dan pada orang yang pernah menjalin kerjasama dengan kita.
  • Banyak belajar dan membaca dari buku petunjuk Umrah dan Haji kalau perlu hafalkan doa-doanya kalaupun tidak, selalu bawa buku petunjuknya pada saat ibadah, pelajari tatacara tayamum, waktu-waktu sholat sunnah, arah kiblat, tatacara sholat jamak dan qashar, tata cara manasik haji mulai dari hal-hal yang wajib, sunnah yang membatalkan, yang dilarang, kaffarat (sanksi), sehingga tata krama kesopanan.
  • Biasakan Olahraga supaya kita sehat dan biasa berjalan jauh, kurangi jatah tidur supaya terbiasa banyak ibadah, sehingga disana tidak sering ngantuk, cek kesehatan persiapkan obat-obat yang diperlukan.

Persiapan keuangan, untuk membeli makanan atau oleh -oleh, persiapkan uang dalam bentuk real, dollar dan rupiah secukupnya, niatnya kalau real memang untuk belanja disana dan dollar untuk jaga – jaga saja tapi berusaha supaya dollar tidak terpakai dan rupiah untuk kepulangan. Di arab Saudi tempat penukaran uang cukup banyak dan mudah, dan orang Indonesia yang berjualan disana juga cukup banyak sehingga kadang saya bertemu dan mereka suka minta tolong untuk menukarkan realnya dengan rupiah untuk mereka yang sebentar lagi mau kembali ke Indonesia.

Untuk yang mengunakan ATM dapat digunakan asal ATM kita ada logo Maestro, Cirrus, Visa, Master Card, Plus Visa Electron dan lain – lain. Di mesin ATM Saldo tabungan yang kita miliki akan ditampilkan dilayar kaca ATM berbentuk real Saudi dan uang yang kita tarik real Saudi.

Untuk Kartu Kredit sebaiknya hindari, karena kita lagi Ibadah Umrah dan Haji, inilah kesalahan yang saya lakukan, membeli oleh-oleh mengunakan kartu kredit, kalau punya tingalkan saja di rumah, supaya tidak tergoda, saat ini pun saya sudah tidak mengunakan kartu kredit apapun, semoga Allah melindungi kita semua dari segala bentuk riba Amin. Semoga tulisan ini  bermanfaat. Amin Ya Robbal Alamin

Add a Comment

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: