Kebiasaan meminta oleh – oleh “Jangan lupa oleh-oleh nya ya”

KEBIASAAN MEMINTA OLEH - OLEH

Kebiasaan meminta oleh – oleh “Jangan lupa oleh-oleh nya ya”

Kebiasaan kita sebagai orang Indonesia adalah beramah tamah, namun demikian, kadang ramah tamah pun ke bablasan sampai lupa diri bahwa yang kita lakukan adalah sebuah kesalahan atau suatu perbuatan yang tidak seharusnya kita lakukan sebagai orang yang berkecupan, atau sebagai seorang muslim dengan kebiasaan meminta oleh – oleh.

Kebiasaan meminta oleh-oleh adalah sama halnya dengan meminta – minta saking merasa lebih dekat, atau hanya sebuah basa basi, dan ini bahkan sudah seperti budaya karena sering sekali dilakukan hampir sebagian besar masyarakat kita ketika teman, saudara, kerabat atau tetangga berpamitan akan bepergian, kalimat pertama yang diucapkan adalah meminta oleh- oleh dengan ucapan” jangan lupa ya..oleh-olehnya”

Karena seringnya melakukan kebiasan meminta oleh – oleh, akhirnya dianggap sebagai sesuatu hal yang wajar saja.

Ternyata kebiasaan ini merupakan kesalahan yang harus segera dihentikan, karena meminta oleh – oleh dari teman atau kerabat yang bepergian dilarang oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam.

Rasulullah SAW bersabda yang maksudnya kira-kira begini :

Kebiasaan  atau terus menerus seseorang suka meminta-minta kepada orang lain, nanti pada hari kiamat dia datang dalam keadaan di wajahnya tidak ada sepotong daging pun. (HR. al-Bukhari no.1474 dan Muslim no.1725)

Ketika kita meminta oleh – oleh sama artinya kita telah membebaninya dengan titipan dan amanah.

Hal ini tidak diperbolehkan karena belum tentu orang tersebut akan selamat dan menjaga amanahnya.

Mulai detik ini marilah kita ubah kebiasaan kita dengan menghindari kebiasaan meminta oleh – oleh  atau jangan lagi ada kata “jangan lupa ya..oleh-olehnya” apabila ada teman, saudara, kerabat atau tetangga berpamitan akan bepergian, tapi marilah kita doakan keselamatan, kesehatan,dan kelancaran dalam perjalanannya teman, kerabat, dan saudara kita yang berpamitan untuk bepergian.

saya selipkan video bagus ya baiknya di dengarkan untuk nasehat kita semua.

Smoga artikel Kebiasaan meminta oleh – oleh bermanfaat untuk dunia dan akherat kita ya, Aamiin

Baca lagi yuk artikel selanjutnya tentang seorang sahabat yang mencari kebahagiaan

Add a Comment

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: