Benarkah Wanita Gemuk Susah Hamil?

BENARKAH WANITA GEMUK SUSAH HAMIL ?

Kegemukan dapat mempengaruhi kesuburan dan berisiko untuk susah hamil.   Anda mungkin bisa hamil, tapi bagaimana dengan kesehatan janin Anda. Lalu, benarkah wanita gemuk susah hamil ?

http://www.tinalma.com/benarkah-wanita-gemuk-susah-hamil

Benarkah wanita gemuk susah hamil ? Kegemukan menyebabkan sistem metabolisme tubuh menjadi tidak teratur termasuk masalah ovulasi. Beberapa penelitian mengatakan bila setiap wanita yang mengalami kegemukan dan ingin memiliki anak perlu memeriksakan diri ke dokter kandungan terlebih dahulu untuk konsultasi mengenai segala hal yang dapat meningkatkan kemampuan tubuhnya untuk hamil.

Proses terjadinya kehamilan adalah sebuah mekanisme yang rumit dan menuntut kondisi tubuh yang ideal, hal ini menyebabkan beberapa orang gemuk susah hamil.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Babycenter Medical Advisory menyebutkan bahwa teknologi modern seperti bayi tabung sulit dilakukan pada wanita yang kegemukan karena embrio sulit ditanam pada rahim wanita gemuk.

Kelebihan berat badan tidak hanya membuat wanita gemuk susah hamil tetapi juga meningkatkan risiko terjadinya berbagai macam komplikasi jika kehamilan terjadi, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Di sisi lain, menurunkan berat badan selama masa hamil sama sekali tidak sehat bagi calon bayi, karena ciri bayi berkembang ditandai dengan bertambahnya berat badan sang ibu. Oleh sebab itu, dokter kandungan suka menyarankan untuk diet ketika program hamil.

Mengapa Wanita Gemuk Susah Hamil?

“masalah berat badan tidak akan mempengaruhi wanita gemuk susah hamil bila periode menstruasi normal dan terjadi setiap 28 hari,”

begitu kata Dokter Spencer Richlin, seorang ahli endokrinologi dari Reproductive Medicine Associates of Connecticut.

Wanita yang mengalami obesitas memiliki masalah hormon yang dapat mengganggu proses ovulasi. Ovulasi (masa subur) adalah  masa dalam siklus menstruasi dimana sel telur siap dibuahi. Obesitas menimbulkan masalah siklus menstruasi tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali. Itulah mengapa wanita gemuk sering telat datang bulan.

Untuk yang sulit hamil dan mempunyai masalah obesitas bisa mencoba smart detox ini bagus banget dan bisa kita liat testimoninya di vidio ini.

Untuk yang berminat smart detox bisa pesan langsung melalui  wa/sms ke 0812.1336.0996.

Untuk mengetahui apakah Anda butuh menurunkan berat badan selama masa kehamilan, yuk kita hitung Indeks Massa Tubuh atau BMI Anda.  Cara menghitung BMI dengan membagi berat badan anda (kg) dengan tinggi badan (meter), hasilnya adalah angka BMI anda. BMI ideal antara 19-25. Jika lebih dari 30, maka Anda mengalami obesitas.

Contoh 1

Berat badan anda adalah 65kg dan Tinggi Badan anda adalah 1,70 (170cm). Berapakah Indeks Massa Tubuh atau BMI anda ?

BMI = 65kg / (1,70 x 1,70)

BMI = 22,49 → Normal

Contoh 2 :

Berat badan anda adalah 75kg dan Tinggi Badan anda 1,65 (165cm). Berapakah Indeks Massa Tubuh atau BMI anda ?

BMI = 75kg / (1,65 x 1,65)

BMI = 27,55 → Obesitas

http://www.tinalma.com/benarkah-wanita-gemuk-susah-hamil

Di dunia kedokteran kondisi obesitas berkaitan dengan Sindrom Ovarium Polikistik (Polycystic Ovarian Syndrome, PCOS) dimana indung telur menebal dan tidak bisa mengeluarkan sel terus saat masa membuahi. PCOS membuat kadar hormon testosteron dalam darah meningkat dan berpengaruh pada siklus menstruasi dengan menimbulkan gejala pertumbuhan rambut berlebih, kebotakan dan jerawat.

Bila saat ini Anda obesitas dan sedang hamil, disarankan untuk tidak diet dengan menurunkan jumlah asupan kalori harian karena dapat mengurangi nutrisi bayi dalam kandungan. Langkah terbaik, yakni berkonsultasi dengan dokter kandungan jika selama hamil kenaikan berat badan Anda berlebihan. Lalu dokter kandungan akan membantu melakukan beberapa tes untuk mengurangi risiko komplikasi yang muncul. Dokter kandungan juga akan menyarankan jenis makanan terbaik yang dapat memenuhi nutrisi bayi dalam kandungan tanpa menyebabkan berat badan sang Ibu meningkat.

Wanita gemuk susah hamil, masih bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan untuk melakukan program hamil meski berat badan berlebih. Nanti dokter kandungan yang akan membantu mencarikan solusi terbaik supaya Anda bisa hamil dengan kondisi ibu dan janin sehat.

Benarkah wanita gemuk susah hamil ? terjawab sudah melalui tulisan ini, semoga tulisan ini bermanfaat dan yang belum bisa hamil bisa mencoba smar detox pesan melalui 0812.1336.0996 ditunggu pesanannya ya.

Baca lagi yuk artikel selanjutnya ….Tips agar bunda melahirkan dengan aman, sehat, langsing dan mendapatkan anak yang soleh atau soleha menurut islami

 

Add a Comment

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: