Bahaya tidur setelah Subuh, jauh dari doa Rasullullah SAW wajib diketahui

Bahaya tidur setelah Subuh, jauh dari do'a Rasullullah SAW, wajib diketahui

Bahaya tidur setelah Subuh, jauh dari doa Rasullullah SAW wajib diketahui

Bahaya tidur setelah Subuh, jauh dari doa Rasullullah SAW wajib diketahui ,  mungkin belum banyak diketahui oleh orang umum. Namun sudah sering diingatkan oleh ustad kala ceramah di masjid, majelis ta’lim ataupun layar televisi, bila tidur sehabis subuh bisa menjauhkan kita dari doa Rasullullah SAW. Lalu apakah sudah tahu ? bila obesitas ternyata juga menjadi salah satu akibatnya ?

Berikut 8 Bahaya tidur setelah Subuh, jauh dari doa Rasullullah SAW wajib diketahui  :

  1. Menyalahi sunnah Rasul

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum, mengisi waktu sehabis subuh dengan dzikir hingga matahari terbit yang lantas melakukan sholat matahari terbit dan mendo’akan umatnya.

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud no. 2606, Ibnu Majah no. 2236 dan Tirmidzi no. 1212. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

  1. Gampang malas

Rasa malas dan lalai untuk beribadah dan melakukan tugas dunia seperti bekerja, bersekolah dan lain sebagainya, juga merupakan satu hal  bahaya tidur sehabis subuh.

Sebagaimana dijelaskan oleh Ibnul Qayyim rahimahullah,

وَمِنَ المكْرُوْهِ عِنْدَهُمْ : النَّوْمُ بَيْنَ صَلاَةِ الصُّبْحِ وَطُلُوْعِ الشَّمْسِ فَإِنَّهُ وَقْتٌ غَنِيْمَةٌ

“Di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah shalat Shubuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghonimah (waktu meraih kebaikan yang banyak.” (Madarijus Salikin, 1: 369)

3. Rejeki dan barakah pagi menjauh

Tidur sehabis subuh menjauhkan kita dari do’a Rasullullah saw. Dimana selepas terbit fajar, Allah swt mencurahkan rahmat dan berkahnya yang berlimpah kepada seluruh penghuni bumi. Mereka yang berbondong – bondong menjemput rezekinya, segera melaksanakan shalat dhuha guna berlipat ganda rejeki yang diterima hari itu.

Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam Zaadul Ma’ad berujar,” empat hal penghalang datangnya rezeki yakni tidur di pagi hari, sedikit shalat, malas-malasan dan berkhianat.”

4.  Gampang jatuh sakit

Sakit kepala yang sering muncul seperti migrain dan nyeri otot, sering terjadi lantaran kekuatan fisik yang melemah karena serebrospinal naik ke jaringan otak merupakan salah satu bahaya tidur sehabis subuh. Hal ini terjadi karena kelebihan waktu tidur dan tubuh tidak banyak aktifitas fisik, seperti tidur sehabis subuh.

5. Mengalami lemah syahwat

Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam Zaadul Ma’ad ,”tidur pagi menyebabkan berbagai penyakit badan, salah satunya melemahkan syahwat,” Hal ini dipicu lantaran tubuh terlalu lama berisitirahat dan kurang gerak, seperti olahraga pagi.

6.  Mudah terserang jantung

Tidur habis subuh atau lebih dari 8 jam, dalam jangka panjang beresiko terkena serangan jantung. Mengapa ? Sebab gangguan ritme jantung ini terjadi ketika jantung kurang aktifitas memompa darah ketika metabolisme tubuh terjadi, metabolisme tubuh terjadi ketika melakukan aktifitas fisik. Seperti kegiatan sehari – hari, bekerja, bersekolah, olahraga dan lain sebagainya.

7. Mengalami obesitas

Bahaya tidur sehabis subuh yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah masalah obesitas. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Karena sisa pembakaran metabolisme tubuh tidak mengalami penghancuran sempurna dan masih mengendap di dalam tubuh. Gangguan metabolisme tubuh ini muncul lantaran tubuh terlalu banyak istirahat yang lebih dari 8 jam tidur dan kurang aktifitas fisik. Proses metabolisme dimulai kala subuh dimana aktivitas tubuh sudah siap mengalami pemanasan untuk menghancurkan lemak jahat yang mengendap di tubuh.

8. Mengalami depresi

Bahaya tidur sehabis subuh yang bila dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, salah satunya yakni depresi. Depresi muncul lantaran gangguan kerja syaraf akibat, tidur sehabis subuh. Mengapa? Sebab ketika Anda bangun untuk melaksanakan sholat subuh, seluruh organ tubuh sudah pemanasan dan siap bekerja. Namun, ketika fungsi tubuh ini sedang pemanasan, Anda memutuskan kerja tubuh ini dengan tiba – tiba melanjutkan tidur habis subuh, yang lantas kreatifitas otak melemah dan Anda mengalami susah berpikir jernih setelah 3 atau 5 jam kemudian sesudah Anda bangun tidur.

Tidak tidur sehabis subuh, dapat mencegah terjadinya depresi pada diri sendiri. Waktu yang ada, bisa Anda pergunakan untuk berdzikir, membaca al qur’an ataupun olahraga ringan

Berdasarkan hal di atas, itulah mengapa sebagian ulama salaf sangat membenci aktifitas tidur sehabis subuh.

Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid berfatwa, “namun jika ada orang yang memilih tidur setelah shalat Shubuh lantaran bisa bekerja maksimal maka hukumnya makruh, terutama bila pekerjaan yang dilakoni membutuhkan tenaga fisik ekstra dan tidak memungkinkan berisitirahat di siang hari.” (Fatwa Al Islam Sual wa Jawab no. 2063)

Demikianlah informasi Bahaya tidur setelah Subuh, jauh dari doa Rasullullah SAW wajib diketahui, semoga bermanfaat .

Baca lagi yuk artikel selanjutnya,.. Kenikmatan Sujud, Normalisasi urat syaraf otak

Add a Comment

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: