Bagaimana Cara Jaga Kesehatan Selama Berpuasa

Bagaimana Cara Jaga Kesehatan Selama Berpuasa

Bagaimana Cara Jaga Kesehatan Selama Berpuasa

Bagaimana Cara Jaga Kesehatan Selama Berpuasa

Apa Saja Tips Berpuasa Sehat?
Bagaimana Cara Puasa Tetap Kuat dan Tidak Lemas?
Alasan tidak kuat dan takut sakit seharusnya bukan lagi penghalang kita buat berpuasa. Orang dewasa seharusnya bersikap lebih tegas dalam masalah ini.
Nah, meski kedua alasan diatas masih saja hidup dalam pikiran kita masing-masing. Tulisan kali ini dibuat untuk membantu kita. Tulisan ini bukan buat kalangan tertentu tetapi untuk semua orang yang berniat puasa dan diet.
Lalu Apa Saja Tips Berpuasa Sehat?

Ada 2 langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk memulai puasa yang baik dan sehat.

1.Makan dan Minum yang Bergizi dan Sehat

Berbicara tentang apa saja tips berpuasa sehat itu sebenarnya gampang-gampang susah. Langkah pentingnya ada pada persiapan sebelum berpuasa.
Bagaimana cara menjaga kesehatan selama berpuasa dimulai dari makanan dan minuman. Apa yang masuk melalui mulut kita akan sangat berpengaruh. Kalau makanan dan minumannya bergizi maka kuat pun pasti pada saat berpuasa.

Ini adalah langkah awal yang penting. Maka baiknya buat catatan daftar apa saja makanan yang akan dikonsumsi. Buat hitung dengan jelas besaran gizinya akan merepotkan. Jadi lebih cukup atur saja selalu ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan susu kalau bisa.

Atur jangan sampai 2 menu berulang berurutan. Selain akan membuat kita bosan. Gizinya kita juga perlu dipenuhi dari makanan lain.
Sama paling penting, jangan masukkan gorengan, makanan berlemak jahat, dan makanan instan lainnya.

Terkadang karena waktu yang mendesak. Rasa lapar dan haus yang sudah tidak tertahankan. Kalau kita memang berniat melakukan apa saja tips berpuasa sehat. Hindari makanan itu.

2.Minum Air Putih yang Cukup

Selain makanan dan minuman diatas yang sudah harus tercatat dan tercukupi. Jangan pernah lewatkan minuman paling mahal sedunia ini. Air putih.

Tubuh kita sebagian besar adalah cairan. Jadi saat kita memulai puasa, pastikan tubuh kita cukup cairan selama puasa. Karena itu minumlah sebanyak mungkin yang kita bisa. Makanan yang banyak sebenarnya tidak terlalu pengaruh banyak. Meski begitu, kita sendiri yang bisa menghitung semua kebutuhan makanan dan minuman serta besarnya perut kita.

Bagaimana Cara Puasa Tetap Kuat dan Tidak Lemas?

1.Memiliki Jam Tidur yang Cukup

Ibarat sebuah mesin, kalau makanan dan minuman sudah tercukupi dengan baik, maka bahan bakar tubuh kita sudah aman terkendali.

Selanjutnya mesinnya yang harus terjaga kesehatannya. Seenak apapun makanan dan sesegar apapun minuman yang kita santap sebelum berpuasa, kita belum tentu kuat.
Kalau mesinnya tidak kuat beroperasi makanan bahan bakar sebagus apapun, tidak akan berpengaruh banyak. Karena itu pastikan kalau mau berpuasa,  tidur sudah terpenuhi di 6-8 jam. Meski ada beberapa orang yang terbiasa tidur kurang dari itu. Lalu ada yang sudah terbiasa puasa,  bisa saja melewati masa puasa dengan jam tidur yang kurang.


2.Olahraga Tetap Dijalankan Selama Puasa

Jangan sama ratakan puasa itu dalam segala hal. Bagaimana cara puasa tetap kuat dan tidak lemas bukan berarti kita berhenti olahraga. Olahraga itu dilakukan bukan sekedar membuat tubuh kita capek, tetapi karena tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan kinerja dalam tubuh. Baik itu kinerja pernapasan, peredaran darah, dan pencernaan.

Selama puasa tubuh kita justru butuh kinerja pernapasan, peredaran darah, dan pencernaan yang lebih.
Buat yang ingin tahu bagaimana cara jaga kesehatan selama berpuasa, semoga saja tips berpuasa sehat diatas membantu. Buat yang suka lemas dan tidak kuat beraktifitas selama puasa.  Juga terbantu. Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Baca artikel selanjutnya yuk DAHSYAT NYA DOA SEBELUM BERBUKA PUASA PENTING DIBACA

 

Add a Comment

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: