10 MANFAAT EMAIL MARKETING BAGI BISNIS ONLINE

Manfaat email marketing bagi bisnis online sangat efektif untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki karena jangkauan pembeli melalui email ini lebih luas.

 

http://www.tinalma.com/10-manfaat-email-marketing-bagi-bisnis-online/

Omset yang dirasakan dari penjualan produk juga sangat luar biasa, bisa mencapai puluhan juta dalam sehari. Maka tidak heran, bila hingga saat ini masih banyak perusahaan raksasa yang mempromosikan produk mereka melalui email.

Apa sih sebenarnya email marketing itu?

Email marketing merupakan teknik pemasaran memanfaatkan media elektronik yakni email yang dikirim kepada list email koneksi pribadi ataupun orang lain yang belum dikenal. Teknik ini sama halnya dengan teknik promosi menyebar brosur, tidak tahu pasti berapa persisnya orang yang akan menjadi pelanggan Anda. Tapi Anda bisa tahu pasti berapa banyak brosur yang sudah Anda sebar dan yakini akan dibaca oleh orang yang Anda beri brosur tersebut.

Kunci utama dalam teknik email marketing atau email blast bahasa kerennya di dunia marketing, yakni terletak pada isi pesan email. Promosi yang baik tidak melulu tentang pengenalan produk atau jasa Anda, melainkan diimbangi dengan tips dan informasi berharga meski tidak ada kaitannya dengan produk atau jasa Anda sekalipun.

Percaya atau tidak, kesempatan email Anda dibaca oleh penerima email 80%. Ditambah bila email Anda dirasa bermanfaat, sudah pasti email Anda akan ditandai sebagai folder dan tidak masuk kotak sampah. Ada kemungkinan kedepannya, penerima email yang seperti ini, akan menjadi pelanggan Anda yang loyal.

Jadi bisa dibilang, email marketing adalah sarana berpromosi yang baik dan sangat direkomendasikan untuk marketing bisnis online.

Untuk tahu lebih lengkap, manfaat email marketing bagi bisnis online, yuk simak infonya di bawah :

  • Alat promosi yang efektif, menghemat biaya dan waktu serta mampu menjangkau pelanggan potensial

  • Pengiriman pesan yang real time dapat dipilah – pilah kepada siapa Anda hendak mengirimkannya, sehingga tidak mengganggu orang lain

  • Jangkauan email marketing dapat menjangkau secara global dalam hitungan detik

  • Melalui isi pesan email marketing, dapat menyentuh konsumen dengan pendekatan yang tak terduga sehingga konsumen melakukan repeat order

  • Email marketing dapat dijadikan sebagai kotak saran atas produk atau jasa yang Anda tawarkan karena bersifat lebih jujur sehingga bisa menjadi masukan untuk memperbaiki kekurangan

  • Dapat meningkatkan penjualan karena pengiriman berbagai penawaran yang menarik

  • Isi pesan yang menarik dapat menggiring penerima email untuk menjadi pelanggan offline Anda

  • Kampanye iklan dapat terukur, karena Anda tahu berapa banyak email yang sudah dikirim dan bagaimana respon yang diberikan oleh si penerima email dan bila dirasa email yang Anda kirim belum ada feedback, Anda bisa merubah isi pesan email menjadi lebih menarik lagi

  • Melalui email marketing, hubungan baik dengan pelanggan lama atau calon pelanggan dapat terjalin dengan baik, karena sifat email yang lebih pribadi, menjadikan komunikasi lebih lancar tanpa ada kecanggungan

Jika Anda ingin sukses bisnis online, teknik email marketing ini wajib Anda praktekkan demi kenaikan profit usaha online Anda. Sebab dalam bisnis online layaknya Anda memiliki toko. Anda menjual produk atau jasa, namun tidak pernah mempromosikan apa yang ada di dalam toko Anda tersebut, lambat tapi pasti, toko yang Anda kelola akan mengalami gulung tikar.

Bila Anda sudah menetapkan jangkauan pasar dalam bisnis online yang Anda bangun, cukup dipoles selangkah demi selangkah dengan teknik marketing bisnis online yang dengan mudah dapat Anda pelajari dalam situs tinalma sehingga bisnis online Anda memiliki kemajuan dan tidak diam di tempat.

Sebagaimana telah diinfokan di atas, email marketing wajib Anda coba saat ini sebagai media promosi produk atau jasa Anda yang gratis dan tanpa ribet. Jangan ditunda. Melakukan penundaan hanya akan menimbulkan kemalasan dan penyesalan belaka. Pada awalnya, teknik email marketing memang dirasa berat karena Anda harus rela capek memikirkan isi pesan email yang menarik. Namun kedepannya, Anda akan merasakan manfaat email marketing bagi bisnis online ketika Anda sudah mendapatkan pelanggan dari email yang Anda kirim. Di saat itu terjadi, jangan hanya tersenyum lebar saja. Tapi selalu renungkan rasa malas yang dulu pernah menghinggapi bisnis online Anda tersebut.

 

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *